Hidup akan terasa lebih indah bila kita saling berbagi... !!

Selasa, 27 Agustus 2013

Cara memperkecil ukuran file Photoshop PSD

Photoshop Logo
Assalamu'alaikum sobat blogger. Tempo hari saya sudah memberikan sedikit tips bagaimana cara membuat spanduk menggunakan Photoshop agar menghasilkan desain yang tetap bagus saat dicetak namun tidak "menghabiskan" quota Harddisk kita. Mendesain spanduk, baliho dan sejenisnya tentu saja tidak melulu menggunakan aplikasi Photoshop. Aplikasi lain yang juga populer yaitu CorelDraw yang juga banyak digunakan oleh desainer kelas profesional. Nah, menurut pengalaman yang saya temukan, ternyata ada fakta unik mengenai ukuran file yang dihasilkan oleh kedua aplikasi ini. Pada Photoshop, file editablenya ( format PSD ) akan memiliki ukuran yang lebih besar atau bahkan sangat besar jika dibandingkan dengan hasilnya ( format JPEG, TIF dll ). Sedangkan pada CorelDraw malah kebalikannya. File editablenya ( format CDR ) akan memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan hasilnya ( format JPEG, TIF dll ). Yang menjadi masalah besar adalah, saat file editable tersebut hendak dipublikasikan melalui internet atau pada keadaan kapasitas harddisk yang pas - pasan alias tidak mencukupi. Nah, sobat tentunya pasti atau pernah mengalaminya bukan ?

Nah, tips yang akan saya bagikan kali ini sedikit banyak akan mengurangi ukuran file PSD yang sobat hasilkan dari Photoshop tadi. Saya sudah mencobanya dan alhamdulillah terjadi pengurangan ukuran file yang cukup terasa. Baiklah, silahkan ikuti langkah - langkah di bawah ini :
  • Buka file PSD yang sudah sobat buat sebelumnya ( jika ada ), jika sedang sobat kerjakan, lakukan pada proses akhir sebelum menyimpan file.
  • Buat sebuah layer baru ( shortcut CTRL + ALT + SHIFT + N )
  • Tempatkan layer baru tersebut ke posisi paling atas ( shortcut CTRL + ] )
  • Isi layer tersebut dengan warna putih ( shortcut SHIFT + F5 )
  • Nantinya lembar kerja sobat akan berwarna putih semua. Tidak apa - apa. Pada proses editing, layer ini bisa dihapus kembali dan dibuat ulang jika hendak disimpan.
  • Simpan file sobat seperti biasa ( dengan format PSD ) tentunya.
Sebagai perbandingan, silahkan sobat buang layer putih tadi dan simpan file tersebut dengan nama file lain. Sobat akan melihat perbedaan ukurannya. Untuk langkah selanjutnya, sobat masih bisa memperkecil ukuran file PSD tadi. Kali ini sobat membutuhkan aplikasi kompresi seperti WinRAR, WinZIP ataupun sejenisnya. Gunakan tipe kompresi yang tertinggi agar hasilnya semakin kecil. Selain memperkecil ukuran file, dengan aplikasi kompresi ini, file sobat juga bisa dipasangi "kunci" alias password untuk "berjaga-jaga" !.

Sebagai catatan, kedua tips diatas tidak akan mempengaruhi kualitas hasil gambar yang akan dihasilkan dari file PSD sobat. Jadi "FEEL FREE" untuk mencobanya namun hati - hati jika sobat mengompresi file dengan memasang password ! Jangan sampai lupa dengan passwordnya, ntar file itu akan jadi penghuni "RECYCLE BIN" !!!

Terakhir, tips ini hanya saya coba pada Photoshop CS3. Jadi untuk pengguna Photoshop CS lainnya, yah silahkan dicoba apakah berpengaruh atau tidak ( Jangan lupa tinggalkan komentarnya, he he he ). Atau mungkin sobat juga memiliki tips lain yang lebih "DAHSYAT", silahkan disharing aja bila berkenan.

Demikian sedikit tips dari saya. Semoga bisa membantu mengurangi ukuran file PSD sobat ( dan juga saya ) yang ukurannya "SEGEDE GAJAH". Semoga berguna dan bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !

Recent Posts Widget

Komentar

Page View