Senin, 06 Mei 2013

Tips Membuat Spanduk Dengan Photoshop


Halo para sobat blogger, sepertinya udah lama saya tidak mengupdate isi blog ini. Yah maklum belum ada pulsa untuk Online sich... Nah kali ini saya akan memberikan sedikit tips buat sobat para desainer spanduk atau yang ingin belajar membuat spanduk sendiri dengan aplikasi Photoshop. Dulu saya punya pengalaman, saat saya hendak mencetak hasil karya spanduk saya yang berukuran 2,7 x 0,6 Meter, ternyata ditolak oleh pihak percetakan dengan alasan ukuran file sangat besar serta format file salah. Namun saat saya bawa ke percetakan lain yang kebetulan di luar kota, eh ternyata bisa dicetak tanpa ada komentar. Usut punya usut ternyata percetakan yang pertama lempar order ke percetakan lain yang lebih besar via e-mail. Jadi buat blogger yang pengen mencetak spanduk buatan sendiri tanpa takut mengalami peristiwa seperti saya, bisa dicoba tips yang akan saya bagikan di bawah ini.
1. Format File
Buat sebuah file di Photoshop dengan ukuran 10 % dari aslinya, misalkan sobat akan membuat spanduk berukuran 4 x 1 meter maka buat ukuran menjadi 40 x 10 dalam cm. Kemudian rubah resolusi menjadi 300. Bisa juga dengan menggunakan alternatif kedua, yaitu membuat ukuran file sesuai dengan ukuran aslinya, tetapi mengurangi resolusinya menjadi 72 atau 50. Terakhir rubah Color Mode menjadi CMYK color, ini dikarenakan kebanyakan Large Format Printer menggunakan tinta 4 warna ( Cyan, Magenta, Yellow and Black ). Jadi diharapkan warna yang dihasilkan di printer akan sama dengan warna saat proses editing.


2. Simpan File
Pada saat menyimpan file hasil editan sobat, pilihlah format file TIFF, kemudian di Save Options, hilangkah Checklist pada opsi Layers. Mengapa harus TIFF, karena format file ini tidak dikompresi sehingga saat dicetak tidak akan mempengaruhi kualitas hasilnya. Saat sobat menekan tombol Save, akan muncul TIFF option. Di Image Compression pilihlah NONE, dan di Layer Compression pilihlah Discard Layers and Save a Copy.




Selesai.

Menurut pengalaman saya, saat saya membuat sebuah spanduk berukuran 4 x 1 meter Full Color dengan tips ini, ukuran file hasilnya tidak lebih dari 23 MB dan hasil cetaknya juga lumayan bagus dan halus.

Buat sobat yang bekerja di Percetakan Digital Printing dan langung mencetak di tempat anda tanpa melempar order ke Percetakan lain sepertinya tips saya ini kurang mengena ya. Tapi yah biarlah hitung – hitung membagi ilmu dan pengalaman... he he he. Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat.

29 komentar:

  1. Wah keren sobat tutorialnya.. selintas sepertinya mudah ya, tapi kudu dicoba dulu baru tau hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, saya juga tau info ini pas kerja di Percetakan.
      Trim's atas komentnya...

      Hapus
    2. Bukankah besar file pada akhirnya tergantung dengan gambar2 yg melengkapi spanduk itu ? saya sudah mengikuti , tp ukurannya tetap 1.5 giga

      Hapus
    3. Betul gan, akan tetapi menurut pengalaman saya gak sampe segitu juga koq. Kecuali agan buat file dengan layer yang terlalu banyak. Coba dicek lagi sapa tau ada langkah yg terlewat...

      Hapus
  2. terima kasih gan tips nya,
    sangat membantu buat propesi saya desain spanduk,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama gan, semoga usahanya semakin lancar... !!

      Hapus
  3. Balasan
    1. Trim's mas bro udah mampir di mari...

      Hapus
  4. makasih nih tips nya smoga dpt ilmu yang lebih lagi mas..amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak, copy balik juga. Amin !!

      Hapus
  5. info yang menarik thx ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama bro, thanks udah berkunjung.

      Hapus
  6. Terima Kasih info dan tips-nya, berguna sekali

    BalasHapus
  7. Kembalikasih gan, trims udah blogwalking di mari !

    BalasHapus
  8. thanks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama. Trims sudah berkunjung.

      Hapus
  9. langsung saya coba gan, semoga berhasil.

    BalasHapus
  10. wah benar-benar membantu...
    karena saya coba buat dengan ukuran asli plus resolusi 300 jd berat bgt...
    ngesot gan
    makasi ya infonya,
    membantu hidup saya
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pengalaman yg sama dgn saya pertama X ! Semoga sukses dan trims atas kunjungannya.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  12. Klo udh terlanjur rgb buat ngrubah ke cmyk gmn mas,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya dari menu Image, pilih Mode terus pilih CMYK Color, terus pilih Don't Flatten. Begitu sebaliknya untuk merubah ke Colorspace lainnya !!
      Semoga membantu...

      Hapus
  13. terimakasih mas, postingan nya sangat membantu saya yg baru pertama kali buat bikin spanduk xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama gan, senang bisa membantu...

      Hapus
  14. jadi selama ini resolusi yang saya pakai kegedean yah..
    btw thanks gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya mkin besar resolusi hasilnya makin bagus. Tapi masalahnya ukuran file jd mkin bsar serta proses loading & editing jd mkin lama.

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !