Hidup akan terasa lebih indah bila kita saling berbagi... !!

Jumat, 05 April 2013

PC dengan Login Password masih belum aman

Saat ini salah satu cara paling populer menjaga privasi sebuah komputer adalah dengan memakai password. Karena fasilitas ini adalah fasilitas standar bawaan komputer. Atau ada juga software yang bisa kita pakai untuk melindungi komputer kita yang juga menggunakan fasilitas password.

Setidaknya ada 2 cara umum mempassword komputer kita. Cara pertama yaitu melalui BIOS Password. Cara yang kedua adalah Login Password. Untuk cara pertama, kita akan dimintai password saat kita menyalakan komputer ( booting up ). Jika password yang kita isikan salah, maka komputer tidak akan melakukan booting.
Untuk cara kedua, komputer akan booting up seperti biasa, akan tetapi saat login ke OS ( penulis menggunakan OS Windows) kita akan dimintai password. Jika kita bisa mengisikan password dengan benar kita baru bisa logon. Setahu penulis kita hanya punya 3 kesempatan untuk mengisikan password login ini, berbeda dengan password bios yang dapat kita coba dalam jumlah yang tak terbatas.

Cara ketiga yaitu kombinasi penggunaan password BIOS dan password Login. Jadi kita akan mengaktifkan keduanya. Tentunya orang yang tidak bertanggung jawab akan semakin sulit untuk menembus kedua pengaman ini.

Nah, sekarang masalahnya adalah ternyata hanya dengan menggunakan Login Password tidak membuat komputer kita aman ! Mengapa demikian ? Dengan menggunakan login password kita memang tidak bisa masuk ke sistem operasi dan tidak bisa mengakses komputer secara langsung tanpa memasukkan password dengan benar. Akan tetapi kita masih dapat mengakses komputer tersebut jika komputer tersebut terhubung dengan LAN ! Artinya, data komputer itu masih bisa dilihat walaupun kita belum logon dan ini sangat berbahaya jika dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ia akan dengan mudah mencuri informasi dari komputer kita.

Jadi, walaupun anda telah mengaktifkan Login Password di komputer anda, anda jangan yakin dulu kalau data anda akan aman. Saran penulis, sebaiknya anda memilih menggunakan BIOS Password atau yang lebih baik adalah mengaktifkan keduanya. Ini akan semakin mempersulit user jahil yang ingin mengakses data di komputer anda. Saran terakhir penulis, jangan menggunakan password yang mudah ditebak ( agar mudah diingat ). Ini malah akan jadi bumerang buat kita sendiri...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !

Recent Posts Widget

Komentar

Page View