Recent Post

Posted by : Yans Jumat, 05 April 2013

Tahukah anda, bagaimana cara untuk membuat web atau blog kita menjadi terkenal ? Cara yang paling baik dan paling utama adalah dengan membuat web atau blog kita penuh dengan pernak pernik yang semenarik mungkin. Akan tetapi, hal ini akan membuat blog kita menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tampil secara utuh di browser. Dan hal inilah yang disadari atau tidak akan menjadi masalah besar kepada kita.

Para pengunjung web atau blog biasanya menghabiskan waktu yang sangat singkat untuk membuka suatu blog. Hal ini dikarenakan banyaknya blog yang mungkin ingin mereka kunjungi. Pada saat mereka membuka suatu blog yang membutuhkan waktu yang agak lama untuk tampil sempurna, maka mereka cenderung akan langsung menutup blog itu dan berpindah ke blog atau situs lain. Sekarang anda mulai mengerti kan.

Walaupun blog anda indah dan menawan serta penuh dengan informasi dan pengetahuan, akan tetapi pengunjung tidak akan sempat "melihat lihat" dan membaca artikel dalam blog anda walaupun sesaat karena mereka keburu menutup blog anda akibat waktu loading yang terlalu lama. Bayangkan jika pengunjung blog anda menggunakan layanan internet berbasis waktu ( Time Base Volume ), situs anda barangkali termasuk dalam Blacklist mereka !!

Untuk itu, penulis ingin membagikan beberapa tips yang mungkin bisa "menyelamatkan" kelangsungan hidup blog anda ( blog penulis juga tentunya ).
  1. Jumlah posting yang ditampilkan pada halaman utama sangat mempengaruhi waktu load blog. Apalagi kalau setiap posting itu dilengkapi dengan sejumlah foto atau bahkan video. Atur agar halaman utama hanya menampilkan sedikit postingan saja ( 10 atau kurang ). Atau kalau postingan anda cukup panjang dengan sejumlah foto atau video, lebih baik anda set untuk menampilkan hanya 1 postingan saja. Anda dapat mengatur jumlah posting yang ditampilkan dari Tab Setting | Formatting. Semakin sedikit jumlah yang ditampilkan, akan semakin cepat waktu load blog anda.
  2. Untuk mempercepat blog, usahakan untuk menggunakan widget seperti Javascript atau link dari Google / Blogger. Jika anda berniat untuk menggunakan Javascript atau Link dari pihak ketiga, letakkan mereka semua di bagian footer blog anda. Jika anda meletakkan mereka di Sidebar, pastikan untuk meletakkannya di bagian bawah Sidebar
  3. Blog kita akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika kita mempunya banyak foto, video atau media lain dalam blog kita. Memang file - file ini sangat dibutuhkan untuk mempercantik blog kita dengan maksud menarik lebih banyak pengunjung. Akan tetapi hal ini juga bisa menjadi bumerang bagi blog kita sendiri. Anda dapat memperkecil ukuran foto atau bisa juga dengan menampilkan Thumbnail dari foto sebenarnya.Cara kedua yaitu upload semua koleksi foto kita ke Picasa Web Album dan letakkan link album tersebut di postingan atau di Sidebar.
  4. Jika anda menambahkan beberapa Custom CSS di blog anda, usahakan untuk meletakkan mereka semua di bagian atas blog anda untuk mempercepat waktu load
  5. Cari bagian dari blog anda yang paling sering dikunjungi atau dibaca oleh pengunjung. Artinya bagian itu harus di set agar tampil lebih cepat dari yang lain. Anda dapat menggunakan Stopwatch untuk menentukan waktu load setiap bagian dari blog anda. Ketikkan nama blog atau situs anda ke dalam teks box lalu klik "Start Stopwatch". Kemudian blog anda akan terbuka dan waktu load setiap bagian blog anda seperti foto, video, widget dll akan tercatat. Perhatikan bagian mana yang membutuhkan waktu terlama untuk diload. Kemudian anda bisa menentukan langkah selanjutnya sesuai dengan pertimbangan anda sendiri.
Mudah - mudahan tips ini dapat membuat blog ataupun web anda semakin sering dikunjungi. Anda dapat membaca tips - tips lainnya di Blogger Help.

Leave a Reply

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Posts

- Copyright © ASYA.COM - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -