Hidup akan terasa lebih indah bila kita saling berbagi... !!

Jumat, 22 Maret 2013

Blog, buku diary online yang bisa menghasilkan uang

Pertama penulis mengenal Blog, saat penulis masuk ke situsnya Mas Ebta Setiawan di http://ebsoft.web.id. Saat saya membaca salah satu artikelnya yang mengupas tentang membuat blog, saya langsung antusias. Apalagi ada embel - embel gratis, adrenalin saya langsung berpacu dengan melodi waktu itu. Saya langsung akses ke Blogger.com dan... Abrakadabra ! Jadilah blog yang sedang anda baca sekarang ini.
Blog, saat ini sepertinya sudah jadi rutinitas wajib bagi sebagian orang yang familiar dengan internet. Bahkan dari salah satu buku yang saya baca, Indonesia menduduki rangking ke empat ( 4 ) sebagai pengguna situs blog. Akan terasa parlente saat kita ditanya teman, "Semalam Blog loe udah gue baca", dibanding dengan, "Semalam Diary loe udah gue baca". Demikian ngetrendnya budaya NgeBlog ( istilah untuk aktifitas blogging ) sehingga kadang kala kita tidak puas dengan hanya mempunyai 1 buah blog saja.

Beberapa hal menurut penulis yang menjadikan blog menjadi begitu booming, yaitu karena blog dapat dibaca oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja ( mirip slogan GSM ya ), selama ada komputer dengan akses internet. Yang lebih memanjakan lagi, kita dapat meninggalkan komentar di blog yang sudah kita baca tadi. Jadi akan ada hubungan 2 arah antara blogger dengan reader. Kemudian hal lainnya yang membuat blog digandrungi adalah, luasnya cakupan isi dari blog tersebut yang bisa kita ambil manfaatnya ( penulis pernah menemukan blog yang berisi konten "XXX" ). Hal lain yang tak kalah penting yaitu kebebasan dari blogger untuk menampilkan postingan di blognya sehingga kita akan menemukan blog dengan bermacam macam tema postingan. Fakta terakhir yang penulis tahu, trend NgeBlog ternyata malah bisa mendatangkan uang !!! Artinya sambil NgeBlog, uang mengalir ( penulis paling antusias dengan yang satu ini ! ).

Membuat blog hampir sama analoginya dengan mengisi catatan harian. Cuma bedanya kita mengisi catatan harian di buku, sedangkan blog kita lakukan melalui internet. Tapi saat ini, sepertinya budaya mengisi buku diary sudah jauh tertinggal dibanding dengan budaya NgeBlog. Mungkin karena manfaat yang diperoleh dari NgeBlog lebih besar. Apalagi kalau berbicara tentang uang ( maklum penulis menganut paham "MATA DUITAN" ), orang pasti berbondong bondong menyerbu. Masih ingat tentang kisah dukun cilik Ponari yang diserbu pasien karena tarif murah ?? Tapi anda jangan tertawa dulu, untuk membuat blog kita menjadi buku Diary yang bisa jadi mesin uang itu tidak gampang, atau lebih tepatnya sangat sulit. Butuh perjuangan, terendam keringat dan banjir darah ! Saya pernah membaca ada seorang blogger sukses dari Amerika Serikat, dia harus berjuang selama lebih dari 4 tahun baru bisa mendapatkan penghasilan dari blognya tersebut. Tapi anda jangan lantas jadi pesimis. Dengan semangat dan pantang menyerah, apapun bisa kita peroleh. ( Semangat buat penulis juga ).

Agar kita bisa memperoleh uang dari blog, tentu tidaklah mudah. Ada aturan - aturan main yang harus kita ikuti dan kita lakukan. Ibaratnya kita punya warung baru di lingkungan yang sudah punya banyak warung, bagaimana cara kita menggaet pelanggan agar mau berbelanja di warung kita. Pastinya yang pertama kita lakukan adalah mempersiapkan bahan sembako yang akan kita jual selengkap mungkin dan semenarik mungkin. Analoginya dengan blog, kita harus membuat blog kita sebaik mungkin agar banyak pengguna internet yang mengakses dan membaca blog kita. Apa saja kiat - kiatnya ?

  1. Buatlah artikel - artikel yang bermutu dan bermanfaat yang layak untuk diposting ke dalam blog
  2. Usahakan artikel yang anda buat adalah original ( Malu donk kalau menjiplak dari blog orang lain )
  3. Gunakan tata bahasa yang baik agar pembaca betah membaca artikel anda ( penulis termasuk nggak ya ?? )
  4. Buatlah tampilan blog anda semenarik mungkin ( gunakan theme yang dapat anda download yang bertebaran di internet )
  5. Promosikanlah blog anda secara sopan kepada teman atau forum atau juga milis - milis yang anda kunjungi
  6. Daftarkan blog anda ke Google agar dapat diindex oleh Web Crawler

Untuk kiat ke 1 - 5, anda sebagai blogger seharusnya berupaya seperti seorang Salesman dalam menjual produknya kepada konsumen. Anda tidak boleh gampang menyerah dan putus asa. Biasanya di awal - awal kita akan merasa jenuh dan bosan. Itu wajar ! Tapi coba bayangkan jika nanti blog kita telah menghasilkan "DOLLAR". Adem benerrrrrrrrr !!! Untuk kiat ke 6, anda bisa baca posting mengenai Kiat mengindeks blog ke Google.

Tujuan utama pelaksanaan ke 6 kiat tersebut adalah agar blog kita dibaca dan dikunjungi lebih banyak oleh pengguna internet. Dengan semakin bertambahnya traffik pengunjung blog kita, secara tidak langsung para pemasang iklan akan mulai melirik blog kita untuk meletakkan iklannya. Dan pada saat kita memasang fasilitas Google Adsense, kemungkinan Google akan mudah meng-Approve permintaan kita. Dua hal inilah yang akan kita kejar untuk menghasilkan si "DOLLAR" tadi. Dan saat kedua tujuan ini telah kita capai, tinggal masalah kita untuk meningkatkannya saja. Jika anda membaca ulasan ini, tampak hal ini tidak terlalu sulit dilakukan, walau pada kenyataannya sangat jauh berbeda. Tapi juga bukan berarti tidak mungkin, karena sudah banyak rekan blogger kita yang sudah sukses dengan blog kesayangannya.

Penulis saat ini juga mulai merintis ke arah tersebut. Bagi pembaca yang sudah mempunyai blog, barangkali artikel ini akan semakin memacu semangat anda membenahi blog anda menjadi semakin lebih baik. Dan bagi pembaca yang belum mempunyai blog, belum terlambat bagi anda untuk mulai merintis sebuah blog. Siapa tahu 3 atau 5 tahun yang akan datang, anda sudah mempunyai penghasilan jutaan melalui blog yang sekarang akan anda rintis. Peganglah prinsip "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali".

Selamat mencoba !
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !

Recent Posts Widget

Komentar

Page View