Recent Post

Posted by : Yans Sabtu, 23 Maret 2013

Jika anda pernah atau sudah mempunyai blog sendiri yang berisi postingan yang sudah anda buat, tentunya anda juga ingin agar blog tersebut dikunjungi ( dibaca ) oleh pengguna internet. Kita juga sama mengetahui yaitu cara paling umum bagi user untuk mencari informasi yang ia inginkan adalah dengan menggunakan mesin pencari atau bahasa kerennya "Search Engine". Beberapa search engine seperti Yahoo dan Google pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para "Netters". Search Engine ini mempunyai database yang berisi alamat situs / blog yang telah terdaftar. Jadi saat ada Netters yang mengetikkan Keyword yang ingin ia cari, Search Engine akan menampilkan daftar situs / blog yang sesuai dengan keyword tadi. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan besar, bagaimana agar situs atau blog kita tadi terdaftar dalam "Database" si Search Engine ??
Penulis sendiri saat memposting tulisan ini, masih bisa mendaftarkan blog ini ke mesin pencari. Memang segala sesuatu itu perlu perjuangan dan pengorbanan ! Tapi dengan keyakinan dan semangat suatu saat pasti blog ini akan terindeks juga, begitu tekad penulis. Menurut penulis, mendaftarkan blog itu ternyata susah susah gampang, kalau tidak bisa dibilang sulit. Soalnya banyak juga postingan yang memberikan tips cara mendaftarkan blog yang coba penulis ikuti, tetapi masih belum membuahkan hasil. Bagi para pembaca yang sudah bisa mendaftarkan blog anda, berarti anda lebih beruntung dibanding penulis ( yang notabene masih Newbie banget ). Akan tetapi saya ingin juga membagikan tips - tips yang pernah saya pelajari tentang cara mendaftarkan blog kita kepada pembaca yang masih senasib dengan penulis, siapa tahu anda malah lebih beruntung dibanding saya !! :) Baca juga artikel saya mengenai Google Webmaster Tool untuk optimasi SERP blog
  1. Loginlah ke Google Webmaster Tool di www.google.com/webmaster/tools dengan memakai akun Google anda
  2. Masukkan alamat blog anda lalu klik button "Add Site"
  3. Setelah itu lakukan verifikasi blog anda dengan mengklik link "Verify your site. By veryf..."
  4. Pilih metode verifikasi "Add meta tag" pada drop down menu
  5. Copy meta tag yang ditampilkan ( >meta name="verify-v1 content="xneiILk90SSW#... )
  6. Buka Dashboar Blogger, lalu masuk ke tab "Tata letak" lalu klik "Edit HTML" kemudian centang pilihan "Expand Template Widget"
  7. Paste meta tag yang sudah di-Copy tadi ke skrip HTML dibawah tag <head>
  8. Klik button "Simpan template" untuk menyimpan perubahan
  9. Kembali ke Google Webmaster tool lalu klik button "Verify" untuk melakukan verifikasi blog anda
  10. Jika langkah tadi sudah benar akan muncul notifikasi bahwa proses verifikasi anda berhasil.
Untuk mencoba apakah blog anda sudah benar - benar terdaftar di database Search Engine, anda bisa mencobanya langsung di Browser anda. Ketikkan salah satu keyword yang ada dalam postingan blog anda ( misal saya mengetikan keyword "mengindeks blog kita" ). Jika blog sudah terdaftar seharusnya blog kita akan ditampilkan di SERP ( Search Engine Result Page ). Terkadang walaupun kita sudah sukses melakukan proses verifikasi, blog kita tidak serta merta terindeks dengan baik oleh Search Engine. Ini dikarenakan sedemikian banyaknya database yang dimiliki si Search Engine tersebut sehingga proses update databasenya mungkin membutuhkan waktu. Belum lagi, jumlah blogger yang ngedaftarin blognya pada saat yang bersamaan ternyata lagi ngantri sampai 10 KM !!. Ini mungkin saja terjadi karena menurut informasi yang saya baca, setiap harinya ribuan blog baru terus tercipta ( barangkali karena "GRATIS"nya itu ! ). Jadi bisa anda bayangkan sendiri...

Satu hal yang patut kita jadikan motifasi, jika orang lain bisa maka kita juga harus bisa !...

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Betul sekali, terkadang blog kita tidak langsung muncul di SERP sesaat setelah mendaftar ke Google Webmaster.

    Bahkan blog saya butuh waktu 5 hari sampai akhirnya terindeks..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !

Popular Posts

- Copyright © ASYA.COM - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -