Hidup akan terasa lebih indah bila kita saling berbagi... !!

Selasa, 30 Juli 2013

Tips membuka file office agar bisa diedit di Photoshop

Assalamu'alaikum sobat blogger. sebelumnya saya ingin bertanya kepada sobat blogger yang kebetulan berprofesi di bidang desain grafis, pernahkah sobat mendapatkan settingan dari pelanggan dalam format office ( Word, Excel maupun PowerPoint ) sementara setting mesin percetakan hanya mengizinkan file gambar ( jpeg, tiff ). Ya, saya pernah mengalaminya. Dulu biasanya saya harus menyetting ulang desain si pelanggan melalui Photoshop ( dan harus 99 % mirip ). Kalau hanya tulisan sih gampang, bagaimana jika ditambah efek background, shadow, clipart dsb ? Wah bikin pusing. Udah gitu si pelanggan tidak mau membayar proses editing, katanya khan saya sudah mendesainnya sendiri. Nah loh !!

Nah untuk itu kali ini saya akan menshare cara mengatasi masalah tersebut. Namun sebelumnya saya tekankan, tips ini hanya untuk file Office 2007 ( versi lainnya belum saya coba ). Cara mengakalinya adalah dengan menyimpan file office tadi ke bentuk PDF. Setelah file dikonversi ke PDF, maka file ini akan bisa dibuka kembali melalui Photoshop untuk selanjutnya tinggal disimpan ke format gambar ( jpg maupun tiff ). Untuk menyimpan file office ke bentuk PDF, sobat harus punya plugins bernama SaveAsPDFandXPS.exe. Dengan plugins ini, file office sobat ( xlsx, docx dll ) akan dikonversi ke file PDF untuk selanjutnya bisa dibuka di aplikasi pengolah foto ( seperti Photoshop tadi ). Dengan begini, sobat tidak akan repot - repot lagi mendesain ulang file yang sama.

Cara konversi file office ke PDF pun tidak begitu susah, silahkan ikuti langkah - langkah di bawah ini :

1. Buka file office milik pelanggan sobat.
2. Lakukan perubahan pada file jika memang diperlukan.
3. Klik tombol Office button lalu pilih Save As ( klik tanda panah segitiga ) lalu pilih PDF or XPS



4. Hilangkan ceklist Open file after publishing
5. Jika dokumen lebih dari 1 halaman dan halaman yang akan dicetak nantinya hanya 1, klik Options...


6. Pada Page Range, pilih menu Page(s). Tentukan halaman awal dan halaman akhir lalu klik OK

7. Klik Publish
8. Selesai

File PDF ini kemudian sudah bisa sobat buka secara langsung melalui Photoshop dan siap untuk dicetak. Tapi jangan lupa untuk merubah ukuran dan resolusinya terlebih dahulu ya.

Demikian tips mengubah file office ke format PDF agar bisa dibuka melalui Photoshop. Jika sobat berminat, silahkan didownload di link di bawah ini.

Semoga berguna dan bermanfaat.

Download PDF Plugins 4 Office 2007 ( size 0,5 MB )

Password RAR : @sya.com


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !

Recent Posts Widget

Komentar

Page View