Hidup akan terasa lebih indah bila kita saling berbagi... !!

Kamis, 11 April 2013

Cara bijak merawat unit Laptop anda

Zaman sekarang, yang namanya Laptop alias Notebook alias komputer jinjing tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Selain bentuknya yang lebih simpel dan lebih kecil dibanding PC, Laptop juga bisa dibawa kemana - mana. Nah, disini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar apa itu laptop dan segala atributnya, akan tetapi saya hanya ingin memberikan tips bagaimana cara merawat laptop kita agar tetap awet dan berumur panjang serta tidak mudah rusak. Karena laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi barang mewah. Tentunya mencegah akan sangat lebih bijaksana ketimbang mengobati. Betul khan ?
Nah, seperti artikel yang pernah saya baca dari teman sebelah, tips ini dapat diterapkan pada semua merek Laptop yang kita pakai seperti Lenovo, Axio, HP, Acer, Fujitsu, Compaq, Dell, Toshiba ( punya saya ), IBM, Advan, dll. Bahkan tips ini juga berguna untuk perangkat PDA, Tablet, Smartphone, Netbook, Ipad dan juga Handphone anda mungkin. Gak percaya, silahkan disimak tips - tipsnya di bawah ini :
  • Jangan menaruh benda yang berat di atas laptop anda.
Benda berat yang ditaruh di atas laptop yang tertutup akan merusak komponen LCD yang berakibat munculnya dead pixel berupa garis - garis yang lama - lama bisa menyebabkan LCD anda mati total. Jika benda berat diletakkan di atas keyboard tentu saja akan merusak komponen utama yang terletak di bawahnya seperti Harddisk dan Mainboard. Terlebih lagi anda tidak akan bisa mengetik bukan. Kalau bendanya sangat berat, Laptop anda bisa jebol !!
  • Jangan lepas baterai laptop anda.
Ada mitos bahwa menggunakan baterai saat Laptop anda dicolokkan ke daya listrik AC akan memperpendek umur baterai. Untuk Laptop keluaran "jadul" ( jaman dulu ) mungkin saja berlaku, tapi tidak untuk Laptop "masa kini". Melepas unit baterai dari Laptop anda malah akan berdampak sangat buruk. Saat listrik padam, Laptop anda akan langsung mati ( improper shutdown ). Muncul bad sector di harddisk karena headnya tidak terparkir sebagaimana mestinya. Lebih baik biarkan saja baterai laptop anda terpasang. Jika baterai belum full, ia akan direcharge. Saat penuh ia akan mem-bypass daya listrik langsung ke mainboard secara otomatis.
  • Rajinlah membersihkan laptop anda dari debu dan kotoran.
Jangan sepelekan debu dan kotoran yang menempel di laptop anda. Selain mengurangi penampilan, debu yang menumpuk juga dapat mengurangi kinerja laptop anda. Misalnya debu yang menumpuk di keyboard akan membuat respon tombol keyboard berkurang dan mengurangi kenyamanan saat mengetik. Debu yang menumpuk di saluran pembuangan juga dapat menyebabkan laptop anda cepat panas lho.
  • Gunakan cooling pad saat udara panas
Laptop tidak dilengkapi kipas yang memadai untuk menetralisir panas yang dihasilkan komponen CPU-nya. Semakin lama anda menggunakan laptop maka panas yang dihasilkan CPU akan semakin tinggi. Alternatifnya adalah menggunakan cooling pad yang banyak tersedia di pasaran dengan harga yang cukup murah. Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop secara signifikan. Dengan cooling pad, panas dapat dikurangi dan tentunya umur laptop anda akan bertambah.
  • Letakkan laptop di tempat yang rata, datar serta berpermukaan keras.
Jangan letakkan laptop di tempat yang miring, karena laptop bisa merosot jatuh dari cooling pad atau terguling. Selain itu head pada harddisk dapat menggores piringannya sehingga menyebabkan bad sector. Meletakkan laptop di permukaan yang lembut seperti kasur juga dapat menutupi saluran pembuangan panas dan berdampak naiknya suhu laptop secara cepat. Jika suhunya sudah sedemikian panas, bukan laptop saja yang akan rusak. Kasurnyapun bisa terbakar !
  • Jauhkan dari air dan benda cair lainnya.
Cairan yang tertumpah ke atas permukaan keyboard akan mengalir ke bawah langsung menuju komponen - komponen vital dalam mainboard laptop anda. Dampaknya tentu anda pasti tahu sendiri. Karena semua alat elektronik paling takut dengan cairan, kecuali unit laptop anda tahan air ( waterproof ). Antisipasinya adalah gunakan keyboard protector untuk menutupi permukaan keyboard laptop anda . Jika cairan tak sengaja tertumpah, sebaiknya segera matikan laptop anda dan segera keringkan cairan tadi. Tunggu sampai cairan benar - benar kering baru nyalakan kembali laptop anda. Jika bisa menyala, jangan ulangi kecerobohan tadi. Jika tidak bisa, berarti anda berbagi rezeki dengan tukang servis laptop !
  • Gunakan keyboard dan mouse tambahan.
Semua unit laptop sudah dibekali keyboard dan mouse yang terintegrasi. Jadi kita tidak lagi memerlukan keyboard ataupun mouse tambahan. Tetapi saran saya, jika anda menggunakan laptop untuk jangka waktu yang lama dan interval yang sering seperti di kantor, lebih baik gunakan keyboard dan mouse tambahan. Selain lebih fleksibel dan nyaman, fungsinya juga lebih lengkap dibanding dengan yang built-in. Bermain game dengan keyboard built-in juga sangat rentan akan goncangan, karena biasanya kita akan lepas kontrol saat memencet tombol terutama tombol navigasi. Akibatnya, anda tentu sudah tahu.
  • Maksimalkan performa sistem laptop anda.
Untuk tips ini tergantung anda sebagai pengguna. Tetapi menurut yang sudah saya lakukan, tips ini terbukti cukup jitu dan sangat membantu. usahakan agar anda memasang antivirus baik yang gratis atau berbayar di laptop anda dan selalu mengupdatenya secara teratur. Selain menjaga data, juga mengurangi jadwal anda ke tukang servis. Optimalkan kinerja laptop anda dengan software optimasi ( misal, CCleaner, TuneXP, TuneUP ). Defrag harddisk anda secara teratur, misal 2 minggu sekali.
Demikian tips - tips yang dapat saya bagikan buat anda. Semoga laptop anda dan juga laptop saya bisa berumur lebih panjang. Silahkan dipraktekkan langsung.


Semoga bermanfaat.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !

Recent Posts Widget

Komentar

Page View