Selasa, 19 Maret 2013

Plugins yang anda perlukan untuk melengkapi photoshop

Anda bergerak dibidang dunia fotografi ? Suka mengotak atik foto ? Tentu anda kenal dengan software bernama Adobe Photoshop dengan versi terakhirnya yaitu CS6. Ya ! saat ini software ini adalah software yang paling popular untuk mengolah photo. Memang ada Corel Photo Paint, Lightroom, Picasa, Aperture, dan sejumlah software lainnya. Tapi Photoshop tetap primadona dengan segudang fiturnya, dan dengan lisensinya yang juga “lumayan” menguras kantong ! He… he…
Secara standar, Photoshop sudah memiliki fitur yang sangat berlimpah untuk menangani sebuah foto. Misalnya seperti mengganti background, mengganti tonal warna, kecerahan dan efek – efek dramatis lainnya. Namun bagi anda yang merasa masih belum puas dengan fitur bawaan Photoshop, anda dapat “memperkaya” fitur Photoshop anda dengan memanfaatkan Plugin ! Apa itu plugin ? Menurut bahasa saya, plugin adalah serangkaian perintah atau tool yang menyediakan fitur yang lebih spesifik untuk memanipulasi sebuah foto.

Berikut beberapa plugin yang saya rasa cukup berguna bagi saya maupun anda sebagai pengguna Photoshop :

1.       Noiseware Profesional

Plugin keluaran Imagenomic (www.imagenomic.com ) ini berfungsi untuk membersihkan noise ( bintik – bintik ) pada foto. Seperti kita ketahui, kamera dengan sensor kecil seperti pada ponsel dan beberapa kamera saku akan menyebabkan noise pada foto yang dihasilkan. Dengan plugin ini, masalah tersebut dapat teratasi secara instan dan akurat. Silahkan download plugin ini di sini ( www.imagenomic.com ). Jika anda suka silahkan beli lisensinya karena kebetulan plugin ini tidak gratis.

2.       Portraiture

Plugin yang juga keluaran Imagenomic ( www.imagenomic.com ) ini juga berfungsi mirip seperti Noiseware, akan tetapi sedikit menambahkan efek lembut dan glamour. Seperti Noiseware, plugin ini juga tidak gratis.

3.       Fluid Mask

Plugin keluaran Vertustech ( www.vertustech.com ) ini  berfungsi untuk menghapus gambar background dari sebuah foto. Ia bekerja dengan mengelompokkan warna pada sebuah foto untuk kemudian kita bisa memilih kelompok warna yang akan dihapus. Anda bisa mendapatkan trialnya di sini ( www.vertustech.com/vm3.html). Untuk selanjutnya seperti biasa, silahkan bayar lisensinya jika anda suka.

4.       onOne Mask Pro

plugin keluaran onOneSoftware ( www.ononesoftware.com ) ini memiliki fungsi yang sama dengan Fluid Mask, tetapi sedikit lebih mumpuni menurut saya. Setelah saya coba, proses masking pada objek yang rumit seperti rambut atau asap sekalipun dapat menghasilkan mask yang cukup bagus dan realistis. Silahkan anda mencobanya sendiri di sini ( www.ononesoftware.com ). Plugin ini juga tidak gratis lho !

selain ke-4 plugin di atas, masih banyak lagi plugin yang bisa membantu proses pengolahan foto kita melalui host Photoshop. Dan banyak juga diantaranya yang bersifat Freeware alias gratis. Anda bisa mencoba beberapa diantaranya :

-          Filter Unlimited 2.0 buatan I.C.Net Software GmbH ( www.icnet.de )
-          Cybia ( www.cybia.co.uk )
-          DragonFly Sinedot II  ( www.philipp-spoeth.de )
-          VirtualPhotografer (www.optikvervelabs.com )
-          Xero (www.xero-graphics.co.uk )
-          Topaz Labs ( www.topazlabs.com )

Semoga plugin tersebut dapat berguna bagi anda dalam ber “photoshop” ria.

Selamat mencoba !

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !