Recent Post

Posted by : Yans Kamis, 27 Juni 2013

Assalamu'alaikum sobat blogger sekalian. Kali ini saya mau share tentang aktivitas blogging yang saat ini saya kerjakan dan demikian juga dengan jutaan blogger lainnya. Pertanyaan mendasar yang sering muncul dan sering dipertanyakan adalah, apa manfaat dari blogging buat para blogger seperti saya dan apa pula motivasi saya membuat sebuah blog. Baiklah, saya akan menganalisanya sesuai dengan pengalaman saya.

Pertama
Membuat blog tidak sepenuhnya adalah GRATIS, tentunya bagi kalangan tertentu. Dimana letak "ketidakgratisan" blog itu ? Tentu saja dari cara sobat mendapatkan akses internet. Apakah sobat menggunakan Dial Up Modem, Speedy, Wi-Fi zone, atau "mampir" ke Warnet. Tentunya ada Rupiah yang harus sobat keluarkan sebagai kompensasinya.

Kedua
Membuat sebuah postingan yang bermutu akan memakan waktu, tenaga dan pikiran. Sudah jamak saat ini, banyak blogger pemula menggunakan metode "COPAS" alias tinggal comot untuk mempercepat proses pembuatan sebuah postingan. Akan tetapi cara ini tidak fair dan mengundan resiko tersendiri. Bisa dibanned oleh Google atau dilaporkan siempunya sumber dan dikucilkan. Untuk itulah membuat sebuah postingan yang bermutu dan benar - benar original, sobat harus meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mencari referensi dan membuat narasi sendiri.

Ketiga
Membuat sebuah topik postingan yang benar - benar baru sangat sulit. Coba saja sobat cari melalui Google hal - hal yang sekiranya menurut sobat tidak mungkin dipublikasikan atau belum dipublikasikan yang sekiranya bisa sobat posting. Bisa dipastikan topik tersebut sudah ada ! Mengapa ? Karena semua blogger tentunya berpikiran yang sama. Sedangkan jumlah pemilik situs pribadi, baik gratis maupun berbayar sedemikian banyaknya, barangkali lebih banyak dari jumlah penduduk di Bumi kita ini ?! Jadi, apakah sobat masih merasa ide postingan sobat benar - benar baru dan belum pernah dipublikasikan ?

Keempat
Mengurus sebuah blog ternyata tidaklah gampang. Ini berlaku bagi semua blogger, baik yang masih pemula dan baru seperti saya, maupun yang sudah profesional dan kawakan. Beberapa keadaan yang tidak dapat tidak harus dihadapi dan dilakukan oleh para blogger antara lain :
  • Meningkatkan SEO dan Traffic Rank
  • Membuat postingan yang bermutu dan bermanfaat tanpa melanggar TOS
  • Membalas komentar
  • Memperbaiki broken link
  • Menjaga kesehatan blog dari spammer, malware dan blogger copas dll
Tentunya terbayang kerumitan yang akan sobat hadapi jika sobat mempunyai sebuah blog maupun memutuskan untuk membuat sebuah blog.

Nah, terlepas dari itu semua, kembali kita tanyakan pada diri sendiri sesuai judul postingan ini. Apa motivasi kita membangun sebuah blog ? Tentunya pertanyaan inipun akan memunculkan beragam asumsi. Menurut saya, jawaban masuk akal pertama adalah untuk membangun jaringan di dunia maya. Dengan adanya blog, tentunya sobat ingin pengunjung internet mengunjungi blog sobat, memperoleh informasi yang diperlukan, lalu meninggalkan komentar yang membangun. Dengan begitu, sobat akan merasa apa yang sobat bangun ternyata bermanfaat bagi orang lain.

Motivasi lainnya yaitu untuk mencari penghasilan tambahan. Ya, tidak dipungkiri saat ini internet adalah ladang bisnis yang sangat menggiurkan. Melalui blog, sobat dapat menghasilkan "Dollar" dengan memasang iklan, menggunakan jasa situs link refferal, mengikuti program affiliasi yang kesemuanya bertujuan sama, yaitu menghasilkan uang. Jadi diharapkan semakin bagus blog sobat, semakin banyak pengunjung, semakin banyak kesempatan mengklik iklan dan link refferal, makin banyak penghasilan mengalir ke pundi - pundi sobat.

Motivasi terakhir menurut saya adalah untuk menunjukkan kemampuan dan eksistensi si blogger. Banyak yang bisa mengakses internet, punya akun jejaring sosial lebih dari satu, punya E-mail, akan tetapi sedikit yang punya situs atau blog pribadi. Jadi, jika sobat punya blog, itu akan menjadi nilai tambah tersendiri buat sobat. baik itu di lingkungan nyata maupun di dunia maya.

Pesan saya, jangan sampai aktivitas blogging sobat membuat sobat dipecat dari pekerjaan, jangan sampai anak, istri atau pacar ditelantarkan. Dan jangan sampai rambut di kepala sobat jatuh berguguran. Lakukan dengan bijak dan penuh perhitungan. Mulai dengan keberanian dan jalankan dengan ketekunan. Niscaya sobat akan mendapatkan hasil yang menyenangkan.

Demikian postingan saya kali ini. Bukan maksud untuk menakut nakuti ataupun menggurui. Hanyalah sekedar opini dan berbagi ilmu dan pengalaman yang sudah saya alami. Semoga manjadi motivasi bagi sobat sekalian. Maju terus dunia blogger Indonesia. Semoga memacu kreativitas para sobat blogger sekalian. Saya punya motto buat semua sobat blogger semua :
" GIVE THE BEST, GET THE BEST "

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. bagus artikelnya,, hehe.
    btw aku sudah follow blognya tuh...,
    liat aja, ada fotoku di bagian members..,
    di tunggu follow baliknya yaaa....??
    sekalian tuker link,,,
    salam blogger
    blogku-yulia.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah sya follow mbak, dan udah saya masukkan link blognya mbak, tp link blog sya koq blum dimasukkan ya mbak ?

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin sobat tanyakan termasuk informasi BROKEN LINK !! Mohon tidak memberikan komentar spam, berbau SARA dan konten DEWASA.
Terimakasih !

Popular Posts

- Copyright © ASYA.COM - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -